Rabu, 31 Desember 2014

Assalamualaikum kota Daeng :))

ehem.. belum sempet nonton #AssalamualaikumBeijing yang baru tayang kemaren (semoga nanti bisa nonton :D), sekarang review ini dulu lah.. perjalanan ke Makassar minggu lalu. hihihi Assalamualaikum kota Daeng!

Senang bisa menginjakkan kaki disini. Perjalanan ke Makassar ini udah di rencanain kuranglebih 3 bulan sebelumnya. Awalnya pengen ngisi longweekend menjelang ganti tahun di Yogyakarta, namun karena beberapa hal dan hasil diskusi tim bolang, pindahlah tujuan ngebolang ke Makassar.

***
Alhamdulillah.. tiba di bandara Sultan Hasanuddin tanggal 24 Desember. Dan darisinilah perjalanan tim bolang Kami dimulai. Oya satu personil, hasanah, sayangnya nggak bisa ikut karena ada acara persiapan lamaran (lamaran ponakannya :p kalo lamarannya hasanah yaa pasti kita ikut nimbrung.. xixixi.. semoga kita semua cepet dilamar yaa *eh teteup doanya.. wkwkwk) Kami pergi ber-enam. Aku, nasra dan ibunya, mba nia dan dua keponakannya (milda dan mawaddah). FYI aja nih, diantara enam orang itu cuma aku yang suku Jawa, jadi dalam perjalanan kena bully terus sama mereka para ogi (orang bugis).. haha.. tapii seru candaannya mereka bikin ketawa ketiwi. Cinta bangetlah sama mereka.. xixixi :*

Makassar nggak kalah sama ibu kota lain yang ada di Indonesia loh. Tujuan wisatanya juga banyak, cukup menarik para wisatawan (ciehh.. sok wisatawan biar keren gituh sebutannya.. haha..) Dan seperti biasa, aku dan tim bolang yang manis siap melanglang buana di kota ini.. *tsaahhh :D
 
Dimulai dari mengunjungi Fort Rotterdam atau Benteng Rotterdam. Diliat dari namanya, yang belum tau pasti mengira ini diluar negeri. hehehe.. Fort Rotterdam memang peninggalan zaman Belanda, didalamnya berisi bangunan-bangunan ala Belanda dan ada juga peralatan-peralatan masyarakat sulawesi zaman dulu yang disimpan di dalam museum yang berada didalam benteng ini, museum La Galigo namanya. Bentengnya luas banget, lumayan ngos-ngosan mengelilinginya, menyusuri tiap lantai, dipandu sama pemandu disana sambil diperkenalkan nama dan sedikit sejarahnya dimasa lampau. Dan seperti biasa, jepretan kamera tiada henti ditiap sudutnya.. hehehe..

Dari Fort Rotterdam, Kami lanjut ke Trans Studio Makassar, disini part paling seru menurutku. Hehe... Jadi keliatan yang mana penakut yang mana yang suka tantangan tapi ujung-ujungnya takut jua.. :)) Baru mulai masuk langsung jeprat-jepret. Viewnya bagus banget, dalam hati ngarep "kapan yaa.. beginian ada di Bontang juga?" hmmm.. sudahlah.. kalo di Bontang ada mah nanti malah nggak jalan-jalan keluar kota lagi. hihi.. 
Tiket masuk ke Trans studio Makassar Rp. 200.000, udah bisa puas main segala wahana. main aja loh ya, kalo laper atau haus yaa bayar lagi didalam.. hehehe.. Disini lumayan lama, dari jam 10 pagi sampe jam 4 sore. Puas banget main. Saking banyaknya wahana permainan, bingung yang mana dulu mau dimainin. *masa kecil kurang bahagia. (iyalah, kan pas kami masih kecil belum ada beginian.. hikss)
Dimulai dari grand studio view, pemanasan awal, muter ke atas melingkar, dengan kecepatan yang slow banget. Sambil jeprat jepret.. hiaaa...*agenda wajib :D Next setelah itu, Pas ngeliat 'giant swing' ehh kami langsung penasaran pengen ikut. Tapi nasra ogah banget naik ini, dianya takut. yahhh cemen.. hahaa padahal udah di bujuk tapi nggak mau juga. yaudahlah jadi aku, mba nia, mawaddah dan milda yang nekat ikut antri. Aku sok berani banget, padahal merinding disko liat diterbang-terbangin kayak gitu.. hiiiiii.. tapi yaa pengen juga ngerasain. Minimalnya 8 orang baru bisa 'go'. berhubung waktu itu lama banget nungguin 8 orang akhirnya kata penjaganya, "mba, daripada lama ngantri mending main ke wahana lain dulu. ini wahana paling extrim loh.. biasanya kalo udah main yang ini, udah nggak mau lagi main ke wahana lain". Deg! gilee ini yang terexstrim, nyali langsung ciut. Yaudah akhirnya kami pindah ke Wahana lain dulu. Dan kami pun memilih wahana 'ayun ombak' kalo nggak salah namanya itu.. :D keliatannya sih kursi ayun tenang.. tapii pas diatas gileee ngerii, haihh pusing bangets dah. dan usai itu langsung bilang "ahh.. pokoknya ga mau main giant swing, begini aja udah kejer T.T.. ampuun." Ternyata aku tak sepemberani yang aku kira.. wkwkwk.. Jempol banget dah buat mba nia, mawadah n milda, the real petualang.. mereka menikmati banget dragon's tower n giant swing, padahal mereka takut juga sih, tapi mereka mampu melawan rasa takutnyaa.. wakwau.. keyeeennnn...
Hari itu pas ada 'gazillion bubble show', pertunjukkan bola-bola sabun yang keren banget. Cuma sabun tapi bisa bentuk kayak balon macam-macam rupa. hehe susah didefinisikan. nonton sendiri deh! pasti we o we bangeet :p Trus lightingnya itu loh mengingatkan pertunjukkan 'song of the sea' di Singapore. Keren deh Makassar :)
Dan wahana lain yang kita sempat coba adalah magic thunder coaster, bioskop 4D, trans city theater, putar petir, safari track dan dunia lain (pas kesini ane absen, soalnya batre lowbat jadi pergi ke wahana science center sendiri numpang nge-charge sambil ngeliatin albert einstein.. hahaha *ngeles* padahal mah saya emang takut ke dunia lain, takut terbayang-bayang nggak bisa tidur, payah -__- )
Pokoknya tiap diwahana ada aja cerita kocak bareng mereka, kalo ditulis disini jadi panjannggg banget. Capek nanti yang baca, kasian :p

Lanjut yaa.. habis dari trans studio lanjut ke Masjid terapung, Amirul Mukminin. Masya Allah, anginnya sepoy-sepoy banget disini. Baru masuk berasa segernya.. Jarak antara trans studio tadi ke masjid terapung lumayan deket, naik kendaraan soalnya, kalo jalan kaki mah gempor.. hehehe.. Dari masjid lalu lanjut jepret-jepret didepan tulisan 'MAKASSAR', 'BUGIS', dan 'PANTAI LOSARI'. Sepertinya, yang datang ke Makassar wajib datangi tempat ini. Kalau belum kesini, belum menikmati Makassar katanya. Sore itu rame banget, mungkin pas tanggal merah, hari libur jadi yaa penuh.. susah ngambil foto sendiri.. Jadi yaa tiap foto pasti ada nyelip-nyelip para wisatawan lain.. haha *tak ape lah.. Selese foto-foto lanjut menikmati pisang epe, ini cemilan khas Losari, rasanya enak, manis.. semanis kami disinii,.. :))

Belum capek? Belum dong, baru juga sehari.. malamnya lanjut menikmati Coto Gagak, alhamdulillah nikmat banget cotonya. Kesampean makan coto makassar di makassarnya langsung :) oya, sebelum makan coto, kami mapir di Somba Opu, cari oleh-oleh khas Makassar. Disana ada sarung makassar, sirup markisa, coklat, kaos, baju, dompet, gantungan kunci, sandal, semua ala-ala makassar lah pokoknya..

Stamina masih banyak. Esoknya, kami go ke Bantimurung. Udah kebayang, indahnya kupu-kupu disana. Huihh nggak sabar. Perjalanan kesana cukup jauh, sekitar 1,5 Jam lah. Sesampainya disana, bener-bener alam nya 'dapet banget' viewnya masya Allah.. selalu terkagum-kagum dengan alam ciptaan-Nya.
Sayangnya, waktu kami kesini pas musim hujan, jadi air terjunnya deres banget kayak air tumpah. Agak takut yang mau berenang. Cuacanya pun yang awalnya panas banter, tiba-tiba mendung dan akhirnya turunlah hujan rintik-rintik. Oya pas disini, kami dipandu oleh salah seorang keluarga mba nia, beliau tinggal sangat dekat sekali dari tempat ini. Bapak ini lah yang mengantarkan kami kedalam dan sedikit menceritakan tentang bantimurung. Didalam bantimurung ini terdapat goa, ada goa batu dan goa mimpi. Berdasarkan cerita, goa ini adalah tempat bertapa orang sakti. Terus mitosnya, siapa yang jatuh tanpa disengaja di bantimurung ini berarti jodohnya udah dekat. hahaa.. langsung heboh deh kami. Ada yang nyeletuk "mudahan nanti aku jatuh yaa.." wkwkwk...
Sambil bercerita, sambil menikmati nasi kuning buatan mba ice. Setelah selesai makan, Kami tertantang pengen ngeliat goa batu. Jaraknya kurang lebih 1,5 Km menanjak keatas. Tapi sebelum ke goa, Kami jepret-jepret didekat airterjun.. hemm.. cuacanya semriwing ditambah dikenai percikan airterjun yang dingin.. masya Allah indah! Tongsis nggak pernah absen menemani perjalanan. Nah, sangking semangatnya, hp ku terjatuh karena jepitan tongsis kurang rapat. Hiks.. orangnya ngga jatuh tapi hp nya yang jatuh, wahh jodoh yang punya hp sudah dekat.. wkwkwk *maksa...
Lanjut ke goa batu. Awalnya nggak berani kesana, tapi karena penasaran akhirnya Kami nekat jalan menanjak berliku hingga sampai mulut goa. huh.. kebayang ngos-ngosannya. Sampai dimulut goa, lelah terbayar dengan pemandangan yang menghampiri sangat indah sekali..hamparan air yang tenang, dilengkapi dengan kupu-kupu nan cantik yang beterbangan. Sayangnya, Kami tak berani memasuki ke dalam goa. Syereem... sebenernya nanggung sih, udah sampai mulut goa tapi nggak masuk sekalian. Tapi yaudah, ini kesepakatan dan feeling Kami memang mengatakan 'jangan naik'. Dan kami pun bergegas kembali menuju airterjun, melangkahkan kaki sepanjang jalan berliku yang dilengkapi dengan pohon-pohon besar yang rindang.
Setelah itu kami istirahat sebentar, meluruskan kaki yang pegelnya baru terasa.. Trus lanjut pulang, nggak lupa beli hiasan kupu-kupu dan gantungan kuncinya. Buat kenangan dan oleh-oleh.. Oya, karena tadi kami masuk bersama saudaranya mba nia, jadi tiket yang udah kami beli, pas pulang malah dibalikin duitnya. katanya 'free' karena keluarga. Alhamdulillah.. rezeki.. :)
Selama di Makassar, Kami tinggal dirumah neneknya nasra. Nenek tinggal bersama anaknya (mba ice) dan cucunya (meysha). Mereka sangat ramah sekali, Kami jadi nyaman tinggal disana. Semoga Allah membalas kebaikan mereka dengan kebaikan yang lebih banyak. Aamiin... Bersyukur dipertemukan oleh Allah dengan orang-orang yang baik hatinya :)
Besoknya, Kami semua pergi ke Malino, jaraknya jauh sekitar 2 jam dari rumah. Malino uda keluar dari kota Makassar. Malino ini daerah pegunungan, wisata pohon pinus.. adem dan semeriwing.. Perjalanan 2 jam yang berkelok kelok nan berliku liku jadi ga berasa setelah sampai ditempat tujuan. Masyaa Allah, lagi-lagi Allah tak pernah berhenti membuat jantung kami berdecak kagum melihat keindahan alam-Nya. Sampai sana kami langsung milih kuda yang mau dinaiki, seruu pengalaman pertama naik kuda. Agak deg deg sih habis kudanya kayak geloyoran gitu nanjak bukit. Hihihii.. Naik kuda juga butuh keberanian bak ksatria. Jadi kebayang kan gimana gagahnya pangeran berkuda *eh kok ngelantur :p

Lanjut ke kebun teh, malino highlands. Dari luar aja viewnya bagus bangett.. Kayaknya disini AC gak bakal laku deh.. dinginnya itu cetarr banget dan sy gak bawa jaket.. brrrrr... Kami gak masuk kedalam karna waktu mepet jadi cuma poto diluarnya aja.. But it's awesome :D sekarang injak malino highlands dulu, sapa tau someday bisa injak genting highlands., hahaa :))

Nggak terasa sabtu malam, nyampe makassar.. istirahat sebentar ke lae-lae.. ini rumah makan favorit katanya dan memang, rasanya gak bohong, lezatos!! Menunya banyak, aneka seafood dan otak-otak yang rasanya gemesin.. :D

Sepertinya ini jalan jalan yang paling maksimal sejauh ini.  Total 5 hari dari bontang sampe bontang lagi. Hihihii... jarang jarang dapat libur selama ini. Puas sampe capek... hahaha... Tapi masih ada tempat bagus yang belum dikunjungi.. Next time lah insyaa Allah (optimis aja bisa kesini lagi :p)

Terimakasih yaa Allah.. telah memberikan kami kesempatan untuk menyaksikan setitik keindahan dari banyaknya keindahan lainnya yang Engkau miliki. Sungguh, bumi-Mu indah... semoga masih ada kesempatan untuk menjelajahi setitik yang lainnya yang nggak kalah indahnya.. ciptaan-Nya saja mudah untuk dikagumi, bagaimana sang pencipta-Nya?
Allahu Akbar :)

Alhamdulillah... terimakasih untuk segala kejadian disini. Terimakasih atas nikmat sehat. Terimakasih atas pertemuan dengan nenek, mba ice dan meisya si tembem yang lucu. Lindungi dan jaga mereka yaa Allah :) Terimakasih untuk ukhuwah ini.  Semoga Engkau selalu memberkahi dan melindungi Kami semua. Aamiin...

****
Udah dulu ceritanya, panjang bangeet.. hehehe.. mungkin ini masih ada yang terlewat. Nggak sanggup menuliskan semua. Biarkan foto-foto di galeri kami yang berbicara :)
Terimakasih Makassar..
Indonesia kereennn! ♥♥♥♥

Tidak ada komentar :

Posting Komentar