Senin, 30 September 2013

"Nggak papa, masih percobaan pertama :D"

...........
September segera berakhir, banyak cerita dan pengalaman baru yang seru..Alhamdulilah :)

Ini adalah pertama kalinya, menggunakan ijasah S1 yang resmi aku terima Desember tahun lalu untuk melamar di Perusahaan besar di Bontang, PT. Pupuk Kaltim. Awalnya bimbang untuk ikutan, nggak PD.. hehehe.. tapi karena temen-temen dan keluarga ngedukung, akhirnya meniatkan untuk ikut... Bismillah,,, jalan...
Well, aku ceritain dari mulai urus-urus kelengkapan berkasnya yah.. Persyaratan yang harus dilengkapi lumayan banyak, tapi nggak ribet kok ngurusnya, kuncinya satu : Sabar :)
Sabar ngantri, sabar mondar-mandir, sabar kesana kemari, sabar deh pokoknya :D
Dimulai dari ngurus kartu kuning di Disosnaker, nah disana sebentar aja soalnya sebelumnya aku udah punya kartu kuning, jadi tinggal memperpanjang masa berlaku. Tinggal nyerahin kartu kuning yang asli plus ijasah terbaru. Oke setelah itu langsung printout. Proses pertama selesai :)
Next, syarat yang harus dibuat adalah SKCK n Surat Keterangan Bebas Narkoba. Untuk SKCK, prosesnya agak lama. Dari minta surat pengantar RT, kemudian lanjut ke Kelurahan trus ke Kecamatan baru deh ke Polres. Bisa bayangin kan mondar-mandirnya, hehe.. tapi tetep harus Sabar. :D di polres nggak langsung jebreet jadi.. disana ngisi form beberapa lembar, sidik jari, trus nunggu sehari baru SKCK nya jadi.. namanya juga proses :)
Oya, sebelum meluncur ke Polres, aku terlebih dahulu ke RSUD buat ngurus Surat Keterangan Bebas Narkoba. Aku nggak sendiri, ada eka dan nasra yang ingin mengurus surat yang sama. Kami bertiga alumni STITEK Bontang, angkatan yang sama, dan kini berjuang bersama. Sebenarnya banyak angkatan kami yang ingin ikut, tapi rata-rata mereka sudah menikah. Salah satu persyaratan lowongan ini adalah belum menikah dan bersedia tidak menikah selama masa training.
Oke, kembali ke RSUD, kami bertiga mengantri bersama, proses di RSUD lumayan lama, saat itu sangat penuh. Rumah sakit emang nggak pernah sepi. Surat ini bisa langsung jadi hari itu juga, yang penting udah diperiksa dokter dan menyerahkan tes urin ke lab. Hasilnya tinggal menunggu, kira-kira 1,5 jam lah. Nah daripada BT nunggu, kita manfaatin waktu untuk ngurus SKCK tadi. Yahh, sekali mendayung dua pulau terlampaui. Hehehe... Pokoknya no lelet, no ngeluh, urusan insya Allah cepet kelar.
Nah, ketika semua surat yang diminta sudah selesai di urus, kita tinggal lengkapi berkas-berkas lain yang sudah kita punya, fotokopi ijasah legalisir, transkrip nilai, form isian dari perusahaan, sertifikat toefl, dll. Oke, berkas lengkap, cek kembali kemudian antar ke GOR PKT Bontang. Berdua dengan nasra mengantarkan berkas itu waktu jum'at siang diiringi gerimis tipis.

Senin terakhir pengumpulan berkas. Kamis tgl 05 September 2013 pengumuman seleksi administrasi dan Alhamdulillah kami bertiga lulus seleksi. Lanjut 09 September, mengikuti TPA (Tes Potensi Akademik) ini pengalaman pertamaku, seneng banget bisa ikut tapi pas ngeliat soal dan selese ngerjain, kepala langsung nyut-nyut. Hihiii.. Total 250 soal sekitar 3 jam.. Lumayan, lumayan bikin pening. Lega uda tes, hasilnya serahkan ke Allah. :)

Menanti 16 September, seminggu dari selese tes. Entahlah, 50:50 antara yakin dan yakin banget, hehehe.. Pokoknya apapun yang terjadi ya harus diterima dan dijalani. Dan.... Alhamdulillah, namaku muncul di Pengumuman hasil TPA. Nggak nyangka juga, senang sekaligus galau.. lanjut tanpa kedua temanku. Keep fighting!!

2 hari setelah pengumuman, akan diadakan tes psikologi, tepatnya tanggal 18 - 20 september 2013. Mulai browsing dan nanya ke temen-temen yang udah pernah ikut psikotes, maklum masih edisi pertama. Hehehe..
Akhirnya hari tes tiba juga, agak nervous. Bismillah... semoga Allah mudahkan. Tes pertama tertulis, kemudian besoknya interview psikotes. Di jadwal harusnya 3 hari, tapi pelaksanaanya saat itu cukup 2 hari aja.
Seneng banget, dapet teman baru dan pengalaman baru, Alhamdulillah..

Selanjutnya tidak terlalu berharap banyak, melihat rival yang 'wow' udah sampe tahap itu aja bersyukur banget. Dan benar saat pengumuman psikotes, namaku nggak ada. Haha.. belum rezeki lah namanya :)

"Nggak papa, baru percobaan pertama" hibur seorang teman. Iya sih bener, percobaan pertama yang sangat asyik, banyak pengalaman baru, seruuu... Nah masih ada 4 sisa ijazah yang dilegalisir, harus langsung move on lah.. hehe.. coba lagi melamar ditempat lain, coba lagi dan lagi, kalo nggak diterima juga, mungkin sudah waktunya untuk dilamar.. #eh.

^^

Tidak ada komentar :

Posting Komentar